Distributor Besi Tangerang

Wire Rope atau Kawat Baja

Fungsi dan kegunaan kawat baja atau dengan nama lainnya wire rope pasti sudah tidak asing lagi. Khususnya anda yang sudah sering menggunakan kawat baja pada kebutuhan sehari-hari di dalam perkapalan. Kawat baja merupakan alat berbentuk tali yang terbuat dari baja. Kawat baja dibentuk dari kumpulan wire atau kawat baja tipis yang dipilin hingga membentuk kesatuan bernama strand. 

Strand tersebut dikumpulkan menjadi beberapa strand kemudian dipilin pada core untuk membentuk  suatu kesatuan kawat baja yang punya konstruksi berbeda sesuai dengan jumlah strand yang dipilin. Nama lain dari kawat baja ini adalah wire rope, mungkin terdengar lebih umum di telinga anda namun memang sebagian orang menyebutnya dengan istilah kawat baja atau tali baja. 

Jenis-Jenis Wire Rope 

Jenis kawat baja pada dasarnya sangat beragam, beberapa jenis dari kawat baja digunakan untuk alat khusus dan pada aplikasi khusus sehingga jenis kawat baja tersebut memang dibuat khususnya hanya untuk satu aplikasi saja. Beberapa di antara jenis kawat baja antara lain: 

Kawat Baja General Purpose 

Sesuai dengan nama kawat ini, general purpose dari distributor besi Tangerang artinya digunakan pada berbagai aplikasi. Jenis ini adalah yang paling umum digunakan sebagian besar orang karena kegunaannya yang sangat umum sehingga tidak membutuhkan jenis kawat baja khusus untuk diterapkan pada aplikasi lapangan. Konstruksi dari tipe wire rope ini banyak sekali jenisnya dan secara umum digunakan pada aplikasi Lifting, Towing, Lashing, Fishing, Logging dan lainnya. 

Kawat Baja Elevator 

Dari namanya saja yaitu elevator, tentunya jenis wire rope satu ini digunakan hanya untuk elevator saja. Fungsinya yaitu membantu pengoperasian jalannya elevator. Jenis kawat baja ini digunakan pada katrol elevator untuk mengangkat dan menurunkan elevator tersebut. 

Kawat High Performance 

Jenis yang terakhir yaitu kawat high performance. Jenis kawat ini biasanya digunakan secara khusus dan cara pembuatannya juga khusus yaitu dengan dipress sehingga punya aukuran yang lebih kecil namun tidak mengubah kekuatan aslinya. Nama lain dari proses pengepressan wire rope ini adalah compacting. 

Berbagai Kegunaan Wire Rope 

Penggunaan wire rope sangat luas dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan, industry mining, konstruksi hingga telekomunikasi. Berikut ini beberapa manfaatnya: 

Industri Perkapalan 

Salah satu penggunaan material baja ini yaitu dalam industry perkapalan. Contoh aplikasinya antara lain sebagai penarik agar kapal bisa menambat ke dermaga atau galangan. Selain itu, juga digunakan sebagai alat penarik kapal rusak. Kawat baja ini pada kapal diaplikasikan juga pada crane guna membantu proses operasional mesin saat menarik peti container. Pengikatan barang besar pada kapal tongkal juga memanfaatkan bahan ini. 

Industri Perikanan

Pada industry perikanan, plat besi kawat seling digunakan untuk membantu para nelayan dalam pengangkatan jala saat menangkap ikan. Jala berukuran besar yang memuat ikan hingga berton-ton tentunya harus menggunakan tali pengangkat yang kuat. 

Industri Gas dan Perminyakan 

Aktivitas kerja di industry ini melibatkan banyak pengorbanan untuk eksplorasi maupun eksploitasi sumber gas serta kilang minyak. Kawat baja digunakan sebagai komponen drilling line untuk pekerjaan pengeboran. 

Industri Konstruksi 

Pemakaian wire rope dalam konstruksi tentunya sangat beragam. Lift yang dinaiki ketika ada di gedung-gedung dapat naik turun karena ada komponen material ini dan besi beton. selain itu, juga digunakan pada pekerjaan jembatan hingga paku bumi. 

Industri Telekomunikasi 

Tower pemancar yang memungkinkan terkirimnya sinyal dapat berfungsi dengan baik karena adanya guy wire sebagai penstabil antenna (tower). Dengan demikian, anda dapat berkomunikasi jarak jauh dengan lancar setiap hari. 

FAQ 

Apa yang dimaksud dengan kabel baja?

-Kabel baja adalah nama lain dari wire rope atau bisa juga disebut dengan tali baja. Kabel baja memiliki banyak fungsi yang fungsi itu dapat digolongkan berdasarkan konstruksi dari kabel baja. Karena konstruksi kabel baja memiliki perbedaan baik dari segi keunggulan maupun kelemahan.

Kawat seling untuk apa?

-Pada mulanya, fungsi utama kawat seling adalah untuk mengangkat dan menarik barang. Tetapi seiring dengan berkembangnya jaman ini, fungsi kawat seling mulai ditambahkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk digunakan pada kebutuhan mereka.

Keranjang Belanja